Wisata Religi Vihara Vipassana Graha Lembang

Wisata Religi Vihara Vipassana Graha Lembang. Vipassana Graha adalah sebuah vihara (tempat peribadatan umat Buddha) di Lembang yang terkenal hingga ke mancanegara.

Berlokasi di Jl. Kol. Masturi No 69, Desa Sukajaya, Kec. Lembang, Wisata Religi Vihara Vipassana Graha Lembang sangat nudah dicapai dari kota Bandung. Hanya berjarak 10 km saja dari Bandung.

Meski tempat ini adalah tempat peribadatan bagi umat Buddha, banyak orang non Buddhist juga sering berkunjung ke Wisata Religi Vihara Vipassana Graha Lembang. Entah untuk melihat arsitektur bangunannya, untuk bermeditasi menenangkan pikiran atau sekedar jalan-jalan menikmati sejuknya udara dan indahnya pemandangan di sekitar Vihara.

Wisata Religi Vihara Vipassana Graha Lembang

Wisata Religi Vihara Vipassana Graha Lembang

Vihara Vipassana Graha memang membuka diri bagi semua orang untuk berkunjung. Namun ada aturan kesopanan yang harus dipatuhi mengingat tempat ini adalah tempat peribadatan suci bagi umat Buddha. Misalnya: tidak boleh menggunakan celana pendek, rok pendek atau tanktop ketika akan memasuki bangunan Vihara. Biasanya pengurus Vihara akan mengingatkan hal tersebut. Jika sudah terlanjur memakainya, pengurus Vihara meminjamkan sehelai sarung.

Wisata Religi Vihara Vipassana Graha Lembang

Arsitektur bangunan di Wisata Religi Vihara Vipassana Graha Lembang memang unik, persis seperti Vihara dan Kuil yang bisa kita jumpai di Thailand. Tidak mengherankan karena sebenarnya Vihara ini adalah Vihara dari aliran Buddha Teravada yang berkembang di Thailand

Wisata Religi Vihara Vipassana Graha Lembang

Wisata Religi Vihara Vipassana Graha Lembang

Ciri khas dari Vihara Vipassana Graha adalah adanya 2 buah patung gajah putih yang mengusung Wheel of Dhamma.Kemudian di kompleks Wisata Religi Vihara Vipassana Graha Lembang kita juga dapat menemukan Gedung Dhammasalah 10.000 Buddha! Mengapa dinamakan demikian ? Karena didalam gedung ini memang terdapat patung buddha sebanyak 10.000 buah dari para donatur

Salah satu daya tarik dari Wisata Religi Vihara Vipassana Graha Lembang ini adalah adanya pojok berdana untuk para Arahat. Mengelilingi Candi Maha Panca Bala, tempat berdana ini unik sekali. Di sekeliling Candi dipasangi semacam cawan tempat untuk menaruh koin. Kita membeli koin (untuk berdana / menyumbang) dan mendapatkan gelas berisi koin.

Koin ini lalu diletakkan dalam cawan. 1 koin untuk 1 cawan. Koin diberikan di tiap cawan sehingga kita mau tidak mau mengelilingi gedung Candi tersebut. Di cawan terakhir, kita menghitung berapa jumlah koin yang tersisa dan mengambil kertas bernomor yang berisi pesan nasehat. Nomor dari kertas itu sesuai dengan jumlah koin yang tersisa

Para pengunjung yang ingin menginap di Wisata Religi Vihara Vipassana Graha Lembang dikenakan biaya sekitar 50.000 per hari. Terdapat 10 kamar di kompleks ini yang bisa disewa. Ruang aula juga bisa disewa, biasanya dengan dana sukarela. Ruang aula ini terletak persis di depan patung gajah putih. Admin Hoteldibandung.com bersama teman-teman webmaster lainnya yang non Buddhist pernah menyewa aula tersebut untuk belajar meditasi dipandu oleh Bhante. Silahkan menghubungi pengurus Vihara dan sertakan proposal yang menyertakan apa saja kegiatan kita di sana.

Rute mencapai Wisata Religi Vihara Vipassana Graha Lembang

Untuk menuju Vipassana Graha :

  • Dari Terminal angkot Ledeng lewat jalan Sersan Bajuri (persis di depan Terminal Ledeng), terus saja sampai anda menemukan Kompleks Graha Puspa, Cihideung-Lembang (ada di sebelah kiri jalan). Kira-kira berjarak 4 km menelusuri Sersan Bajuri sebelum anda menemukan Graha Puspa. Masuk ke kompleks ini, nanti di gerbang kompleks bayar uang 2000 pada penjaga gerbang. Ikuti jalan utama kompleks Graha Puspa sampai anda keluar dari gerbang belakang kompleks. Disebelah kiri adalah restoran Sapu Lidi, di sebelah kanan adalah gerbang belakang kompleks yang mengarah langsung ke jalan Kol.Masturi. Begitu keluar dari gerbang, bangunan pertama di sebelah kiri adalah Vihara Vipassana Graha
  • Dengan angkot: naik dari terminal Ledeng ke arah Lembang (tarif: Rp. 3.000 dengan waktu tempuh selama 20 menit) dan turun setelah Anda melihat papan petunjuk jalan ke “Cisarua” di sisi kanan jalan (sebelah pos polisi atau kira-kira 6,5 kilometer dari terminal Ledeng). Lanjutkan dengan naik angkot yang menuju Cisarua (Rp. 3.000 dengan lama perjalanan 20 menit). Dengan ojek: dari terminal Ledeng (tarif: Rp. 10.000) atau dari Jalan Raya Lembang (tarif: Rp. 7.500 dengan waktu tempuh 30 menit)
  • Dari Vipassana Graha, ada baiknya anda juga berkunjung ke Wisata Religi Biara Karmel Lembang. Kedua tempat ini adalah tempat yang menarik untuk dikunjungi di Lembang dan membuka diri bagi semua umat beragama

Fasilitas :

  • kantin (hanya buka pada hari Minggu)
  • toilet
  • kamar dan aula (bisa disewa)
  • toko buku dan cinderamata
  • perpustakaan
  • lahan parkir
  • tidak ada tiket masuk (gratis)

Vihara Vipassana Graha
Jl Kol Masturi No. 69, Desa Sukajaya, kec. Lembang – Bandung
Telp : (022) 2787663/4

Wisata Religi Vihara Vipassana Graha Lembang


ARTIKEL REVIEW

Anda mengelola tempat usaha (hotel, resto, spa, kafe, butik, salon, distro, dll) di Kota Bandung dan ingin ditemukan di halaman pertama search engine seperti Google? Mengapa tidak diiklankan saja di web ini? Kami akan menayangkan iklan anda (dalam bentuk artikel review) !

Klik disini untuk informasi selengkapnya

Paket Liburan Wisata Murah Derawan

Kategori Artikel